Senin, 22 Desember 2008

Sok Tegar........

Tak Ada yang sempurn adalam hidup ini……

Tak ada yang abadi dalam hidup ini

Semua ada duanya…

Suka - duka, Tawa - air mata, Hitam – putih, Siang, Malam, Laki-laki – perempuan, Bertemu – Berpisah, Terikat – Terlepas, Menemukan - Kehilangan..

Dan masih banyak lagi......

Semuanya adalah warna-warni hidup yang tak dapat kita pungkiri......

Jadi janganlah kau terlalu senang ketika kau dihadapkan dengan sebuah kebahagiaan

Dan jangan pulalah kau terlalu berduka dengan sebuah kesedihan, karena itu semua hanya semu, tak ada yang abadi di dunia ini.

Lagipula, sesungguhnya kesedihan itu diapit oleh dua kemudahan. Hari ini boleh saja kau teteskan air mata, tapi setelah ini bisa jadi kau kan temukan kebahagiaan itu..

You're The Best.......

Kasih Ibu, Kepada Beta Tak Terhingga Sepanjang Masa..... Hanya memberi tak harap kembali, bagai sang surya menyinasi dunia.”

Kata2 itulah yang semestinya selalu kita ingat..... mulai dari mengandung selama lebih dari 9 bulan, melahirkan kita ke dunia dengan mempertaruhkan nyawa, menyapih kita selama dua tahun, menjaga kita siang dan malam, dan banyak lagi kasih sayang yang dicurahkan seorang ibu kepada anaknya hingga anaknya beranjak dewasa.... ya... seperti kita2 saat ini. Ada yang bilang ” Kesempurnaan Seorang Perempuan itu adalah ketika dia menjadi seorang Ibu”. Untuk itu tak seharusnyalah kita untuk tidak berbakti kepada Ibu, kepada orang tua kita.

Ibu adalah inspirasi, semangat, kekuatan, Tauladan, dan segara rasa yang terpancar dari wajahnya nan sayu itu.

I love u Mam.... You’re The best……….

Selamat Hari Ibu…

Semoga Allah selalu Melindungi setiap Langkah hidupmu.

Sabtu, 20 Desember 2008

Kesepakatan Hati

Hm……. Aku terpaksa menghapus sebagian perjalanan hidupku dalam tahun 2008 ini. Menghapus semua kenangan indah yang pernah kutoreh… mencoba melupakan semua kisah yang pernah tercipta meski aku tak ingin untuk tidak melupakannya. Seakan terbangun dari tidur panjangku dan terjaga dari mimpi indahku. Dan yang ada saat ini hanyalah sebuah kenyataan yang sangat jauh berbeda dari mimpi indah itu. Entahlah…… tapi ku harap ini yang terbaik buatku kini dan nanti….. aku memcoba bertahan dengan semua ini, tapi aku gagal…. Aku terlalu rapuh dengan segala keterbatasanku….. aku terlalu lemah dengan apa yang telah, sedang dan akan kumiliki….

Ya..... Mungkin ini yang terbaik buatku, meski aku sendiri tak tau jalan apa ini yang tengah kutempuh, tapi aku tau..... Allah mengujiku dengan cobaan ini tak lain hanya ingin aku lebih tegar dan bijak dalam ngejalani hidupku ini. Aku yakin, Allah mempunyai rahasia yang lebih indah untukku..... sekalipun aku harus menunggu lama, melaluinya dengan sejuta rasa yang tak pernah ku mengerti apa ini adil buatku atau nggak, tapi itulah hidup yang bagaimanapun jua harus tetap berjalan. Aku harus mampu bertahan, bertahan dari segala keterbatasan dan ketidaknberdayaanku, untuk satu tujuan.... aku masih punya masa depan.

Selasa, 16 Desember 2008

Akhir Tahun neh.......

hm...... nggak kerasa ya..... udah penghujung tahun 2008..... tinggal menghitung hari usah ganti tahun lagi.... apa2 udah desember aja..... bisa nggak ya diganti dengan januari aja...
(bisa kok...... tapi januari 2009...... ye... sama aja dnegan bohong.........)

tapi.... walau bagaimanapun.... tahun ini udah memberikan aku banyak cerita, mulai dari suka, duka, canda, tawa juga air mata....
perjalanan hidup yang sangat berarti.....
ditahun ini aku mendapatkan banyak pengalaman yang tak terlupakan..... pengalaman yang ngebuat aku semakin dewasa untuk berfikir dan bertindak dalam hidup... tentunya semua itu tak akan hilang begitu saja..... menjadi catatan dam sejarah hidupku tentunya...

ya..... mudah2an.... di tahun2 yang akan datang... aku lebih mantap lagi dalam segalanya... terutama mengurusi masa depan. hehehee
mudah2an rencana lulus tahun depan, dapat terealisasi dengan baik. amin............

Sabtu, 13 Desember 2008

manfaat air putih

Air mempunyai banyak fungsi dalam tubuh. 90 persen tubuh manusia terdiri dari air dan zat satu itu berguna untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh khususnya darah. Karena itulah banyak ahli kesehatan yang menganjurkan kita untuk minum air putih minimal 2 liter sehari.

Sebenarnya apa saja fungsi air putih itu? Coba simak ulasan berikut.

manfaat air putih1. Air putih digunakan tubuh untuk mengganti air yang telah dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk air seni, sekresi dan juga keringat. Banyak yang beranggapan bahwa air yang dikeluarkan tubuh hanya banyak kalau kita beraktivitas tinggi seperti olahraga. Padahal kenyataannya, walaupun tidak beraktifitas, tubuh juga membutuhkan cairan yang banyak. Karena itu, janganlah minum hanya saat haus. Hal ini bisa berakibat tubuh kekurangan cairan.

2. Tidak hanya itu, air putih juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit dan juga membantu menurunkan berat badan. Karena itu disarankan untuk yang sedang berdiet untuk banyak-banyak minum air putih karena air membantu proses pembakaran lemak dengan mengubah makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi energi. Air juga membantu mendorong metabolisme dalam tubuh kita.

3. Sekarang apa akibatnya jika kita kekurangan cairan karena kurang manfaat air putihminum air putih? Tubuh kita akan sulit untuk menyeimbangkan kadar air, sehingga tubuh akan menyerap air yang terdapat pada darah. Darah yang diambil kadar airnya pun otomatis menjadi mengental dan peredarannya menjadi tidak lancar. Yang paling berat kerjanya adalah organ ginjal, karena ginjal berfungsi menyaring racun dari darah yang mengental karena kekurangan air, kerja ginjal menjadi dua kali lipat dari biasanya dan bisa berakibat kerusakan pada organ penting tersebut.

Karena itu mulai sekarang, bagi yang suka minum-minuman berwarna seperti teh, kopi apalagi soft drink, kurangilah dan perbanyaklah minum air putih minimal 2 liter sehari. Untuk kamu yang seorang perokok, disarankan untuk minum lebih banyak untuk menetralisir racun-racun yang terdapat pada rokok.

gerimis

Ketika gerimis kembali turun

Basahi bumi yang mulai mengering

Ada perih menyeruak

Di relung hati

Saat kusadar dirimu tlah berlalu

Meskipun....

Kenangan yang tersisa

Tak terkikis waktu

Tapi....

Gerimis kali ini

Tuk lepas engkau pergi

rasa

Aku menunggu

Hingga waktu kelelahan dengan sendirinya

Hingga denyut nadi berhenti berdetak

Di ujung waktu

Kegelisahan menghantuiku

Dalam resah

Kesetiaanku tak mampu memudar

Sekalipun yang kunanti tak jua mengerti

Karena aku tau

Asaku tak mungkin jadi nyata

Aku tak harus selalu memiliki

Dalam waktu yang hilang

Kucoba akhiri rasa dihati

Walau kubukan lelah menanti

Namun aku hanya ingin menikmati

Saat menatap kau pergi.

Selasa, 09 Desember 2008

aku sakit lagi


ugh.... lagi2 sakit itu menyerangku...... nggak ada capek2nya apa..... padahal aku udah cukup menderita dengan semua ini....

kini.... aku dalam masa pemulihan...
pemulihan apa my???

pemulihan dari sakit??? atau pemulihan dari ketidakberdayaan ini????

ah.. entahlah..... mengapa aku masih jua seperti ini...

kisah itu udah lama aku selesaikan..
tapi mengapa untuk meninggalkannya sangatlah susah?????

nggak susah kok..... cuma butuh waktu aja......hehhehe

Rabu, 26 November 2008

Tips Jalani Hubungan Jarak Jauh

Sedang menjalani hubungan jarak jauh? Atau baru berpikiran akan menjalin hubungan LDR (long distance relationship) ? Sebelum kamu menyesal, coba simak tips-tips agar hubungan jarak jauh bisa berjalan lancar tanpa hambatan.

tips pacaran jarak jauh
1. Kunci dari semua hubungan sebenarnya adalah komunikasi.
Jangan menyia-nyiakan teknologi. Zaman sekarang semua bisa dicapai berkat teknologi. Kalau kamu dan pacar berbeda benua, sebaiknya gunakan internet. Chatting atau webcam bisa kamu lakukan. Kalau beda kota, masih bisa telepon-teleponan atau SMS-an. Tentang frekuensinya, sesuaikan dengan kegiatan masing-masing. Jangan sampai mengganggu dan membuat si dia kesal.

2. Make a Surprise.
Sekali-kali buatlah kejutan untuk pasangan sebagai penyegar hubungan. Caranya? manfaatkan jasa pengiriman seperti TIKI untuk mengirim barang yang hendak kamu berikan.

3. Coba untuk antisipasi segala kemungkinan.
Bukan mengajarkan untuk curiga, namun namanya antisipasi itu tetap penting. Faktor penghalang orang yang pacaran jarak jauh tentu lebih besar dibanding jarak dekat. Misalnya kamu membuat rencana dengannya, kamu harus selalu siap untuk kemungkinan terburuk.tips pacaran jarak jauh

4. Buat peraturan!
Sebaiknya kalian berdua menetapkan beberapa aturan yang dirasa penting untuk ditaati kedua belah pihak. Hal ini penting untuk menghindari salah paham dan hal yang tidak diinginkan. Peraturan yang bisa dibuat misalnya saja harus berapa kali dalam sebulan bertemu, harus menelepon pada jam-jam apa saja, dan lain sebagainya.

5. Kunci yang paling penting setelah komunikasi dalam hubungan jarak jauh adalah rasa kepercayaan dan sabar.
Komitmen sudah dibentuk, kepercayaan kalian harus kuat. Jika tidak bisa saling percaya, sebaiknya jangan lakukan hubungan jarak jauh karena hanya akan menyiksa kedua belah pihak saja.

Selasa, 25 November 2008

Surat Untuk Yang Terindah

Sebuah ungkapan cinta

Kuukir di hati yang gersang ini

Ku jaga, Ku simpan

Dan ku abadikan bersama jiwaku

Kepada kau yang terindah

Dengarlah dan renunglah bisikku

Kan kupertahankan

Cintaku Untukmu

Kan ku abadikan

Kenangan indah yang kau bina bersamaku

Andai tiada lagi cinta dari hatimu

Aku ikhlas

Namun

Setetes air mataku yang mengalir karenamu

kan jadi saksi ketulusan cintaku

Jadi saksi bisu kejujuran hatiku

kau yang terindah

Lihatlah mataku Yang sentiasa mencari bayangmu

Pandanglah tarian bicaraku

Yang seringkali mengungkapkan kata rindu

Dan mengertilah hembusan nafas dari jiwaku

Yang membawa seribu tafsir cinta untukmu

Kepada kau yang terindah

Mengertilah

Aku masih merindu

Aku terus menunggu

Merindu saat indah bersamamu

Menunggu kau kembali ke dekapanku

Kepada kau yang terindah

Aku mencintaimu

Sabtu, 22 November 2008

Diam Tanpa Kata

Pujiku Menjunjung langit

Saat kusadar bahagia

Tlah menyentuh hatiku

Meski Cuma satu titik

Setidaknya aku tak perlu menghasut sedih

untuk menjelmakan tawa

matamu telah menyeka segala laraku

yang menguntit malam gelap

mengukir indahnya

cerita mencintai dan menantimu

sapa yang kurunut pada deretan hari

akhirnya menjemput nyata

pertemuan yang kupilih sebagai pembunuh rindu

bisik lembutmu menghapus sepiku

membelengguku dibatas mimpi yang terindah

berbahagialah semestinya

tak perlu ada luka lagi yang mengukit galau dibalik senja

Pasca Lebaran, akhirnya Daku Kerja juga Neh……….

Seminggu Sebelum Lebaran aku n kawan2 baru di jemput Bapel KUKERTA UNBARI 2008 untuk di pulangkan ke rumah masing2, alias KUKERTA selesai. Ada kesenangan tersendiri yang melekat di Hatiku, paling nggak selesai lagi satu Step menuju Gelar Sarjana, tinggal KP dan TA. Temen2ku udah pada Wisuda neh……. Mudah2n 2009, akhir perjalanan panjangku di kampus tercinta UNBARI yang udah memberikan banyak sesuatu yang berarti buatku. Ilmu, teman, Beasiswa, Jalan2 Gratis, pengalaman, dll.

Dua hari menjelang Lebaran Aku baru pulang kampung, dengan rasa yang bermacam2. mana kontrak kuliahku bermasalah, tugas kuliah yang masih saja ada…. Tapi semuanya aku tepis untuk hari kemenangan. Minal Aidin Wal Faidzin…….. maaf lahir batin……..

Paling nggak aku bisa lebih baik lagi dari hari kemaren. Amin.

Cuma bentar aku di kampung, lebaran kelima aku udah pulang lagi ke jambi. Banyak hal yang harus aku selesaikan. Semoga semuanya lebih baik lagi. Dengan nawaitu yang lebih mulia lagi mungkin.hehehehhehe.....

Dua hari di jambi setelah lebaran, ada tawaran kerja di salah satu Konsultan perencana yang ada di jambi. Alhamdulillah lah...... walau dengan kondisi yang setengah hati, tapi gimanapun aku tetap mencoba untuk ngejalaninya dengan profesional. Dan hingga hari ini aku masuk kantor setiap harinya. Aku hanya berharap Aktifitasku yang baru aja aku jalani saat ini nggak menyurutkan tekadku untuk selese kuliah maksimal akhir tahun depan. Amin......

Jalan-Jalan Lagi......

Pas lagi sibuk2 KKN ( Kuliah Kerja Nyata) PR 3 ku ngasih tau kalo Bahan Dialog Kebangsaan 2008 ku lulus dan aku termasuk satu diantaranya. Alhamdullilah masuk 15 Besar, sekalipun aku nggak tau seefektif apa . Antara seneng n nggak…. Tapi akhirnya setelah melalui proses yang panjang hasil yang didapat aku termasuk 15 nasional. Ya…… walau kupikir salah konsep seh panitianya, kita membicarakan tentang Nasionalisme dan kemiskinan, tapi kita diberikan fasilitas setara dengan Bintang Lima…. Apakah tidak menghambur2kan dana saja?? atau kembali seperti cerita Pelayaran Kebangsaan Tahun 2007 yang nota bene hanya pemenuhan Program kerja DIKTI semata????? Entahlah….. tapi bisa jadi iya, karena tahun ini dan dapat kabar sampe tahun 2010 Pelayaran Kebangsaan nggak bakal diadakan, nggak tau deh tahun setelah itu. Jadi ingat Pelayaran Kebangsaan VII tahun lalu… e.. malah jadi inget temen2 lama… apa kabarnya mereka ya… pasti udah banyak yang lulus, daku kapan yach???


Ups…… daku udah jauh banget ceritanya…. Dialog Kebangsaan versi DIKTI di gelar di hotel ternama di Bogor Kota Hujan, 38 peserta dari Aceh hingga Manadopun berbaur… hm…. Nggak seasik PK VII, ya iya lah…. Ada konsep yang berbeda dari keduanya. Tapi senggaknya nambah koleksi teman… 3 hari kami berbaur dan hingga akhirnya, kembali Dialog Kebangsaan 2008 tak menghasilkan apa2. rumusan yang sama sekali nggak sempurna, n sekarang nyaris kehilangan komunikasi antar peserta.


Selesai kegiatan aku nggak langsung pulang, tapi aku mampir ke Bandung dulu, ketemu temen2 PK VII Bandung, puasa pertama di Bandung dengan keluarga Fiena UPI, Buka bareng dengan Devan, Tiwi, Adit, Mbak Ri2n, Fiena, Ari, dll. Hikmah PK VII hanya berasa saat aku silaturrahmi ke Kota2 lain di Indonesia, Kayak di Padang, Pekanbaru, Jakarta, Bogor, Bandung, malang, dll. (hehhe Ternyata udah banyak juga kota yang kukunjungi).


4 Hari di Bogor, 3 Hari di Bandung dan 3 Hari Di Jakarta membuatku libur panjang disaat teman2ku sibuk KKN (hehehe). Setelah ini, kemana lagi ya???? ^_^......................

kisah akhir Juli...... Jadwal yang begitu padat....

Ini kisah udah lama banget………… akhir Juli seharusnya udah dipublikasikan, tapi karena kesibukan daku yang sok sibuk, wal hasil ya….. baru sekarang bisa di publikasikan. makanya dibilang kisah yang tertunda, maksudnya tertunda untuk dipublikasikan.hehehe

Emang sich akhir2 ini daku sibuk banget…… akhir bulan Juli, selama 5 hari aku di ikutsertakan sebagai LO PEKSIMINAS yang tuan rumahnya Jambi, ya… lumayanlah… buat nambah uang saku dan bayar duit ujian yang pelaksanaannya emang barengan ma PEKSIMINAS, untungnya Kontingen yang di LO-in bisa ngerti, so…. Jadi diriku bisa ngejalani semuanya walau nggak bisa maksimal, belajar aja kadang di penginapan….. ujung2nya kost-an pindah ke penginapan kontingen…. Thanks ya temen2 jogja untuk pengertiannya.

Sehari setelah PEKSIMINAS berakhir aku langsung diberangkatkan ke daerah Pengabdian Selama 2 bulan. Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) menanti di depan mata, mana orang2nya baru semua lagi….. daerahnya terpencil banget, Posko yang bekas gudang yang udah lama nggak di pake dan debunya setebal………. Mana sinyal nggak ada, MCK di Kali…. Duh…. Prihatin banget, awalnya aku takut nggak bisa beradaptasi…. Tapi untungnya…. Temen2 posko n warga sekitar mampu untuk menyuport… dan dia.... selalu ada saat aku butuhkan. Dia???? Hm...... entahlah…… jalani aja apa adanya saat ini.

Dua bulan bukan waktu yang singkat, awalnya emang terasa berat untuk di jalani, tapi alhamdulillah seiring berjalannya waktu, aku bisa ngelewati semuanya dengan nyaman, bahkan nyaman banget mungkin…. Sekalipun kondisi posko yang ala kadar, tapi temen2 pada solid. Bahkan hingga sekarang kita masih sering ngumpul. Kata kuncinya ikhlas dan bersyukur…..

hm.......

duh...

tulisanku yang kemaren nama ya???

padahal aku ingin berbagi...........

Selasa, 22 Juli 2008

hari-hari yang melelahkan............

akhir2 ini daku harus ekstra berjuang keras untuk mempertahankan semua apa yang udah aku dapatkan....... besok aku mulai ujian..... 6 mata kuliah yang harus lulus semuanya... kalo ada yang gagal berarti aku harus ikhlas buat mengundur waktu kelulusanku...... nggak ah..... ini aja daku udah bosan jadi mahasiswa UNBARI yang kadang nyeleneh buat di jalani...... seng sabar mi.....
mau nggak mau aku harus berjuang keras..... menyelesaikan semua tugas kuliah, mid susulan, dan laporan2 yang masih terbengkalai..... mana sering mati lampu lagi... jadi aku nggak bisa buat begadang kalo malam.... apa yang mau di kerjain, kalo tugasnya di komputer semua....... uh... laptop....laptop...... jadi kangen ma dirimu.............

usahaku nggak semulus yang kubayangkan....... dari siang ampe magrib cuma buat nunggu sang dosen pembimbing Laporan Kerja Praktek... ea.... pas udah ketemu dengan enaknya dia menyalahkan semua yang telah kukerjakan..... cape deh........ aku nggak mau putus asa..... aku lanjutkan dengan mengunjungi sang asisten dosen untuk mata kuliah yang lain...... yah............. dia malah nggak ada dirumah...... sabar buk............

" mi... jam 4 ngumpul di kampus" sms dari ketua posko tempatku Kuketra...... yup... bulan depan daku keliah kerja nyata....... (kadang aku malas banget ngebahas ini.,.... apa gunanya kkn.... kalo hanya pemenuhan program kampus semata.. sementara hasil yang didapat apa???? palingan cinlok.........)

" mi... 23 kita ngumpul di unja telanai jam 3"... ini lagi...... ya... resiko seh... siapa suruh ikut seleksi LO peksiminas... makanya mau nggak mau harus bertanggung jawab dengan apa yang udah di jalankan.... ambil hikmahnya aja deh mi.........................

duh............ makin bingung plus puyeng deh....... tugasku masih ada yang belum kelar.... ujian udah didepan mata.... laporan Kerja Praktek ku juga masih diawang2 sementara aku harus kukerta.....

aku yang lalai atau emang semuanya harus numpuk sekarang ya?????
uh... memang hari2 yang melelahkan....... kapan ya... aku bisa beristirahat.......tapi..... nggak ah. aku harus terus berjuang agar apa yang telah aku rencanakan nggak jauh2 amat melesetnya...hehhehee

Kamis, 10 Juli 2008

Apa-Apa Langka.......


BBM langka di jambi beberapa pekan belakangan ini..... ugh....... capek deh..... ngantre nya hampir berjam2 malah ada yang berhari2...... bahkan yang pedagang eceran ada yang jual sampe 25 ribu seliternya....... (25 ribu?????....)

belum usai BBM, e... malah lampu kerjaannya mati mulu.... hampir ngalahin jadwal minum obat, ya iya lah..... sehari kadang malah lebih dari 3 kali lampunya mati..... hebat banget deh jambi akhir2 ini....
apa2 nggak bisa..... bikin tugas di komputer, e.. lampunya mati... mo ke kampus minyak motor nggak ada.... pake angkot, angkotpun susah..... mo jalan??? jauh bo".....
sekarang apa2 langka..... bensin langka, elpiji juga langka... minyak tanah apa lagi.... hm... besok2 apa lagi yang langka di jambi ya......
ya mudah2an masyarakat jambi yang santun, ramah, cakep(hehe) baik hati, tidak sombong dan rajin menabung tidak ikutan langka di jambi.......
ya Allah.... moga semua ini akan berakhir...... gimanapun rakyar kecil jualah yang amat sangat menderita... ya termasuk saya juga......hehehe
semoga yang duduk anteng di gedung megah sana, yang kalo ngantri itu cuma suprinya aja... pada mengerti jeritan hati rakyat kecil yang di jambi dan di seluruh pelosok negeri ini... jangan cuma duduk2, baca koran dan...... ketawa ngeliat sebagian rakyat indonesia menderita.....

Selasa, 01 Juli 2008

Dia Pergi untuk Selamanya..........

08.34 WIB

aku baru saja mengaktifkan hpku dan langsung menerima SMS dari no nggak jelas yang ternyata sejak malam tadi jam 23.54 WIB sms itu di kirim, smsnya sangat menyedihkan yang mengatakan kalao dia ( seseorang yang pernah berarti dalam hidupku) sudah tiada karena penyakit paru2 yang di idapnya bertahun2.....
seakan tak percaya... aku mencoba meyakinkan kalo ini semua hanyalah mimpi..... tapi sms berikutnya pun terus masuk yang mengabarkan hal yang sama.... (semuanya mengabarkan aku... karena mereka tau aku amatlah dekat dengannya.....) tak kuasa langsung kuteteskan air mataku.... "dia pergi untuk selamanya.....

dia adalah orang yang pernah mengisi hari2ku..... orang tempatku bercerita, sedih ataupun senang..... orang yang selalu ada di saat aku butuhkan..... abang senior di fak teknik yang selalu membantuku mengerjakan tugas2 kuliah..... tapi kini ia telah memejamkan matanya untuk selama2nya...... ia pergi meninggalkan aku, dan teman2ku untuk selama2nya.


09.00 WIB
dengan perasaan bercampur aduk, ku bawa motorku meluncur ke rumahnya....... perasaan sedih itu sangat mendalam....secepat ini kah?????? belum lah sempurna kebahagiaan yang dia rasakan..... istri yang baru dinikahinya 2 tahun yang lalu.... si mungil sang jagoan hidupnya yang masih belum tau apa2 sudah harus kehilangan sang ayah yang sangat dicintainya..... bahkan titel ST yang baru di nikmatinya 1 bulan yang lalu... belum sempat lagi ia menerima ijazah, namun ajal telah menjemputnya terlebih dahulu.

09.38 WIB

kuparkir motorku.... saat itu telah menanti beberapa orang teman2ku, senior2ku dan lain2..... semuanya tersenyum sendu.... layu.....
tak sadar air mata itu menetes di pipiku......
perlahan kuinjakkan kaki ku di rumah sederhana itu..... kusaksikan tubuh yang dulunya tegap dan tegar kini terbaring kaku dan diam ketika beberapa orang mengangkatnya untuk memandikannya......
kulihat sang istri duduk tersendu, menangis dan tak henti2nya air mata itu turun dari pipiku..... kusalami dia dan kupeluk hangatnya..... entah mengapa aku sangat sedih dengan kabar ini....
" maafin abang ya mi..... ikhlaskan abang pergi..." bisik istrinya di telingaku...... ketegaranku pupus sudah..... aku tak kuasa........
hari ini kuantarkan abang seniorku yang dulu pernah menyayangiku ke tempat peristirahatannya yang terakhir........
begitu cepat kurasakan kebahagiaan itu....... kini hanya tinggal kesedihan yang terus merayap di hatiku...


selamat jalan abang.....
semoga kau tenang di alammu....
semoga kau ditempatkan pada tempat yang terindah di sisi-Nya....
aku mengikhlaskanmu.....
kenangan kita kan ku simpan sebagai memoryku yang paling indah yang tak akan kulupakan....
biarkan ia berlalu dengan sendirinya....
aku kan selalu mendoakanmu.......

Rabu, 25 Juni 2008

Harganas...... Antara Pro dan Kontra

harganas...................
hm......... Kata orang seh Hari Keluarga Nasional, ya mudah2an emang hari buat keluarga di seluruh nusantara raya......
tapi maunya....... jangan buat satu hari aja dunk..... setiap hari kalo perlu.... agar nggak ada lagi tuch yang namanya kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan pada anak da lain sebagainya... ya... biar semua keluarga sejahtera....

"Harganas (Hari Keluarga Nasional) XV yang akan diperingati di Provinsi Jambi 29 Juni 2008 mendatang, harus dijadikan tekad pemerintah untuk lebih meningkatkan lagi pengabdiannya kepada rakyat kecil.

“Rakyat kecil yang saat ini mulai diserang wabah kemiskinan karena naiknya BBM (Bahan Bakar Minyak) yang menyebabkan meroketnya harga-harga kebutuhan pokok hidup, perlu perhatian lebih besar lagi dari pemerintah,” kata mantan Dirjen Binkesmas (Pembinaan Kesehatan Masyarakat) Depkes Prof dr Azrul Azwar "

itu kata mereka di www.bkkbn.go.id

ya.... mudah2an semua masyarakat indonesia menikmati semua kegiatan ini......

tapi sayang..... apapun itu pasti ada pro dan kontranya.....

ada yang nerima ada juga yang nggak nerima....
ada yang protes..... ada yang menikmati dan ada juga yang hanya diam saja......

udah pasti acara kali ini memakan dana yang cukup besar.....(ssstttttt.... ada yang bilang ratusan M lho......) wah kaya juga ya Indonesia... buat acara segede itu..... bagaimana dengan saudara2 kita yang belum makan dalam seminggu ini......??????? bagaimana dengan nasib saudara2 kita yang berada di bawak garis kemiskinan ataupun yang tepan berada di garis kemiskinan..????

hm..... tau deh..... no coment...... karena..... kadang suara kita amatlah sangat kecil.....
yang penting terlepas dari pro dan kontra perhelatan akbar ini harus kita dukung.....
paling nggak mempromosikan Jambi ke Ranah Indonesia Raya ini......

Senin, 02 Juni 2008

Temen-temenku wisuda, aku kapan?????

hari ini......... kampusku mengadakan wisuda untuk yang kesekian kalinya....
perhelatan akbar ini digelar dua kali dalam setahun yang tentunya sangat dinanti2kan oleh mahasiswa yang udah menyelesaikan kuliahnya di kampus tercinta unbari...........

"aku besok wisuda, datang ya!! boss juga udah nyampe dari kampung" telephone dari teman akrabku tadi malam, satu angkatan tapi beda Fakultas......

ah...... kau jadi terdiam... teman2 seangkatanku udah banyak banget yang selese, ya walaupun yang satu fakutas denganku belum ada yang jadi ST..... bahkan yang satu tahun diatasku juga belom.... tapi kenapa aku ngerasa lain banget ngeliat temen2 fak lain n senior2ku wisuda.....

" aku wisuda kapan ya???" aku selalu bertanya2 pada hatiku...............

" eh, emy...... belum ya??? kapan neh wisuda???" suara PR III mengangetkan aku.... aku terdiam sejenak...

"Insya Allah tahun depan pak!!!" jawabku mantap, seakan aku memang siap untuk diwisuda tahun depan.... tapi aku optimis kok kalo aku bakal wisuda tahun depan....
ya............ semoga Allah SWT mendengarkannya dan mengabulkan doaku ini...

asli deh..... aku ngiri ngeliat temen2ku wisuda, walau da yang ngomong wisuda itu adalah seremonial bagi sarjan pengangguran yang berdasi.....(^_^)
tapi aku yakin kok....... semuanya akan baik-baik saja..... dan tahun depan emang batas akhir di Unbari tecinta...AMIN.............

Minggu, 01 Juni 2008

MENIKAHI ORANG YANG DICINTAI ATAU MENCINTAI ORANG YANG DINIKAHI ?

Hemm…pertanyaan yang tidak mudah kita jawab, dibenak kita mungkin akan muncul sebuah pertanyaan, ”Apa bedanya sih?”. Inspirasi tulisan ini muncul ketika saya sedang terlibat diskusi hangat dengan sang "mas" kemaren malam lewat telephone.

"mas ingin mencintai orang yang mas nikahi... bukan menikahi orang yang mas cintai.........." itu kaliamat yang kudengar dari suaranya nun jauh di kebumen sana

hm.......... entahlah............

Cinta membuat kita bisa melakukan segala hal, apapun kondisi kita dan di manapun kita berada, dan itulah pengorbanan atas nama cinta.

Cinta terkadang membuat kita buta, memaksa kita untuk meninggalkan norma, pilihan sadar, jati diri, cita-cita sampai keyakinan, demi untuk memenuhi kehendak yang kita cintai. Tetapi kadang cinta juga bisa membuat kita menjadi sebaliknya.

Mencintai orang yang di (me) nikahi, merupakan sebuah pilihan sadar kita untuk memberikan yang terbaik dari apa yang kita miliki, serta menerima semua kekurangan dan kelebihan pasangan kita.

Kita akan menjaga agar api cinta itu tidak pernah redup atau mungkin mati dengan segala upaya, walaupun badai mencoba untuk memadamkannya.

Sementara menikahi orang yang kita cintai memang sudah menjadi sebuah keharusan, namun coba kita renungkan barang sejenak. Terkadang kita mencintainya bukan karena pilihan sadar kita tetapi lebih karena ada perasaan membuncah untuk segera bersanding dan memiliki.

Pada saat itu kita sedang terlena oleh tampilan sesaat, kita tidak pernah berpikir apakah bara api cinta akan tetap abadi selamanya dalam diri ?, yang penting mumpung bara itu masih menyala maka sudah semestinya segera dicarikan tempat di mana api cinta itu akan diletakkan.

Dan ketika tempat itu dirasa sudah tidak sesuai dengan yang diharapkan, bahkan justeru membuat baranya semakin redup maka kita akan buru-buru untuk mencari tempat lain agar api cinta tetap menyala, tanpa mencari sebab apa yang sekiranya membuat api cinta itu menjadi padam.

Ya, api cinta itu sudah berada di tempat lain, dan kita tidak akan pernah mendapatkannya kembali.

Sudahkah kita mengerti akan beda antara keduanya??? semoga kita menjadi orang2 yang berfikir.......

Qs. Ar Ruum : 21.
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir “.

Pancasila.......Bukan hanya sekedar untuk dibaca maupun diperingati.

Pancasila digali dari tradisi kehidupan di Indonesia jauh sampai kedasarnya, olek karenanya Pancasila diharapkan dapat menjadi falsafah hidup manusia Indonesia dalam mengembangkan eksistensinya untuk mencapai kebutuhan2nya. Manusia Indonesia juga tidak terpisah dari ikatan2 tradisionilnya karena Pancasila itu sendiri berasal dari tradisi manusia Indonesia.

Dalam Pancasila tercakup pula pengertian dan tujuan manusia Indonesia untuk mencapai suatu kepribadian yang “mentally health” sebagaimana “mental health” yang dikemukakan oleh Erich Fromm. Pancasila dapat dijadikan landasan selanjutnya bagi terbentuknya sauatu “sane society”, suatu “masyarakat yang sehat” bagi masyarakat Indonesia.

Setelah Pancasila diakui sebagai Dasar Negara Indonesia, apa yang mesti kita ketahui? Apakah hanya sekedar tahu bahwa Pancasila itu adalah 5 Dasar, Palsafah dan Idiologi Negara dan kita hafal luar kepala akan sila-silanya, sehingga kita bisa bebas atau terlepas dari sweeping organisasi pemuda yang sok Pancasilais, seperti yang terjadi di Jember pada Agustus 2007 yang lalu? Apakah kita hanya akan seperti burung beo yang pandai berkata dan berucap tetapi tidak memahami dan menghayati apalagi melaksanakan arti dan maknanya? Untuk bisa memahami, mendalami dan menghayati Pancasila sebagai Dasar Negara, sebagai ideologi, sebagai falsafah negara dan rakyat, kita mesti dan harus memahami secara jelas akan makna setiap sila dari Pancasila itu!

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa. Makna dari sila ini adalah: Percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
  2. Kemanusaan yang Adil dan Beradab. Makna dari sila ini adalah: Mengakui persamaan derajad, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia, saling mencintai sesama manusia, tidak semena-mena terhadap orang lain, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
  3. Persatuan Indonesia. Makna dari sila ini adalah: Menjaga persatuan dan Kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber Bhinneka Tunggal Ika.
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Kebijaksanaan Dalam Permusyawatan/Perwakilan, yang bermakna: mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat, tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan.
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Ini bermakna: Bersikap adil terhadap sesama, menghormati hak-hak orang lain, menolong sesama dan menghargai orang lain

inti permasalahannya satu..................

mampukan kita memaknai, memahami dan merealisasikannya??????


dari berbagai sumber......

Sabtu, 31 Mei 2008

Catatan Akhir mei..............



Aku ini harus bagaimana????? yup..... mungkin itulah kata2 yang tepat untuk menggambarkan diriku.... nggak lama paling lama 2 bulan aku telah menyelesaikan semester 8ku, berarti tinggal 1 tahun paling lama aku di unbari....sementara saat ini tugas kuliah, laporan kerja praktek, laporan praktikum masih nyaris tak tersentuh...... apakah aku bisa selesaikan kuliahku tepat waktu????


umurku sekarang 21 tahun lebih.... hm..... entah apa yang kupikirkan, sehingga belum terlintas olehku untuk menentukan kapan batas akhir kesendirianku..... 22 kah??? 23, 24 atau 25 kah???? yang pasti aku ingin mapan dulu..... ya iya lah....... kalo nggak mapan mana berani aku ambil keputusan merried....

n mungkin... karena itu jua lah aku belum berani ambil keputusan siapa dan siapa..... keraguan masih terus saja menghantuiku..... takut..... resah..... gundah..... entah apa lagi yang ada di pikiranku saat ini kalau tentang kemantapan hati...... (sedih banget sih mie.......^_^)

ah.... entahlah.... seharusnya tak terlalu aku pikir
kan..... karena perjalananku masih jauh....
aku masih butuh waktu untuk menyikapi ini dengan lebih bijak lagi, tapi paling tidak saat ini aku sudah mulai menentukan langkah hidup yang lebih tepat....

apa yang harus kujalani.... dengan apa???? bersama siapa??? dan diamana????
semuanya seharusnya udah harus aku tentukan dari sekarang.... ya..... biar nggak kewalahan nantinya.....

Akhirnya.....
kesemuanya ku kembalikan pada yang diatas......
dia tau apa yang terbaik buatku....... dia juga tau apa yang tak kuketahui....
hanya saja... kadang aku terus saja berfikir......
aku ini harus bagaimana?????

Kamis, 29 Mei 2008

gw sakit neh..............

udah tiga hari daku g ke kampus, g keluar rumah, g ke tempat kerja praktek, n g ngapa-ngapain juga..... tapi daku tetep makan kok....(hehehe... ya iya lah... ntar kurus kasian orang susah ngenalin....)
alasannya.... daku sakit...... huh.....kepala puyeng, flu berat, sakit kepala, bersin2 pokoknya nggak enak banget deh....
ya.. walau begitu tetap bersyukur nggak parah2 amat, bersyukur juga nggak sampe dibawa ke dokter... biasanya cukup dengan obat tradisional atau obat2 apotik terdekat....
masalahnya...... cuaca jambi lagi nggak bersahabat banget.... mana hujan... jalanan becek... nggak ada ojek...(ya.. kok jadi ikut2an cinta laura seh??hehhe) jadi sampai story ini di publikasikan daku belum minum obat kecuali minum air jahe.... lumayan menghangatkan.... tapi rencana abis ini mau cari obat kok....

+ sakit apa my?????
temanku bertanya2... emang seh... daku jarang banget sakit.... sakitpun biasanya di kuatkan buat beraktifitas.... tapi ini udah lemes banget....

+ malarindu tropikangen ya????
temanku mulai lagi dengan candaannya......
ya.... mungkin saja iya..... malarindu tropikangen untuk jalan2 lagi.hehehhee

++ dah minum obat belum jeng???? cepat sembuh ya..........
eh... ucy nurul sms... thanks ya jeng..... udah suportnya.... begitupun dengan temen2ku yang lainnya...... thanks udah care......

tapi semua banyak yang heran... emangnya sakit apa seh???
ya.... pokoknya sakit semuanya....
nggak enak badan, nggak enak perut, nggak enak kepala, nggak enak pikiran, nggak enak hati... nggak enak duit....(o...o..) ada yang mau bantuin daku nggak?????:-)

tapi apapun itu... semga ini yang terbaik... walaupun BBM naik, apa2 naek, tetap disyukuri atas niknat yang telah di berikan oleh Yang Kuasa......

sakitpun adalah nikmat, nikmat untuk beristirahat yang lebih dari biasanya.......

ah udah ah....... mau cari obat dulu..... siapa tau bisa lebih cepat sembuh...
next time kita sambung lagi ya......

Selasa, 27 Mei 2008

Info Dialog Kebangsaan 2008

DIALOG KEBANGSAAN 2008 dari DIKTI


syarat2nya
1. IPK minimal 2,75 (ya..... tentunya IPK kita semua pasti mencukupilah...)
2. Duduk pada semester 6-8 ( yang udah pada lulus..... maaf ya.....)
3. masih tercatat sebagai mahasiswa ( ya iya lah...........)
4. Belum pernah ,engikuti kegiatan Dialog Kebangsaan ( yuk... yang sportif... yang udah g boleh ikut lagi ya.....)
5. membuat makalah obserpasi.(pasti bisa dunk...)
dengan tema:
a). Dampak kemiskinan terhadap Nasionalisme
b). Pemahaman Multikulturalisme terhadap NKRI.

berkas paling lambat diterima tanggal 26 Juli 2008 ( cap pos tentunya....)

di alamatkan

Kasubdit Pemberdayaan Perguruan Tinggi
Direktorat Kelembagaan, Dirjen Dikti
Gedung Dirjen Dikti Lt. VI
jl. Jendral Soedirman, Pintu I senayan
Tromol Pos 10002- jakpus

Rabu, 21 Mei 2008

nggak pake judul........... tapi pake hati.....

Senja berjanji akan hujan

Cuma kabut dalam

Matahari tinggal warna jingga dalam mendung

Semua jadi tanya dan harap

Juga cemas

Dalam keheningan waktu

Adalah pilu yang menggores kalbu

Bernyanyi disepinya hutan dan....

Kutelusuri sungai kenangan

Terisak sendupun terdengar di kejauhan

Terus dan terus aku terjaga

Ia menghilang dalam kehampaan

Satu pikiran liar dalam benakku

Entahlah....

Sepertinya aku lelah

Dengan kecemasan diri

Seberapa lama lagi kuharus resah

Jika kau yang terlahir membawa segala misteri bagiku

Terima Kasih untuk Segalanya......

aku memilihnya...............meski dalam kecemasan...... aku terus menjalani semuanya dengan terpisah jarak, ruang dan waktu.... tapi aku mencoba untuk bertahan.... karena aku yakin aku mampu melewati semua ini. dan berharap apa yang tengah kujalani saat ini adalah yang terbaik
untukku juga untuknya....

kuliahku telah menjajaki masa akhir... tapi masa2 itu pula, kejenuhan menghantui hari2ku... namun,...... aku tetap berharap semuanya akan baik2 saja... ya.... walaupun kuakui 2 semester terakhir ini IP-ku mulai berantakan(huh.... sedihnya, ah nggak juga..... toh walau begitu aku masih diatas, bahkan mungkin masih teratas)...... yang pastinya aku tak ingin mengecewakan orang2 terdekatku, terlebih orang tuaku.....

hm... suntuk2 gini, emang enak jalan2 kali yach....(Ups, emy....... pikirannya jalan mulu.....hehhe)
nggak ah, selesein kuliah dulu, abis itu baru deh mikir yang lain......

eh,..... kemarin di 'dia" nanya tentang merried....... hahaha.... hari gini mimpi apa kalo aku udah mikir ke sana..... nggak ah... aku belum siap lahir dan batin.... ya iya yah.... aku masih kuliah, kerja belum.. sekalipun temen2ku udah pada merried semua...(kadang kalo pulang kampung aku jadi sedih sendiri...... gimana nggak sedih, nggak punya temen lagi alias temen2ku udah banyak yang pada merried....hehehe, tapi aku yakin..... jika saatnya tiba giliranku toh akan ke sana juga. Amin...)
tapi untunglah aku mempunyai orang2 terdekat yang ngerti akan aku dan semua yang aku jalani saat ini,..... terlahir dari keluarga yang sederhana, tapi aku bisa hidup cukup (nggak kurang juga nggak lebih)..... mereka mengerti aku..... orang tuaku, kakak2ku, temen2ku dan termasuk dia....

aku hanya bisa bersyukur pada yang di atas.... sekalipun ku akui aku bukanlah makhluk yang sempurna......

terima kasih.............

DELAPAN HAL TERPENTING DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA (Refleksi 100 Tahun Kebangkitan Nasional)


100 tahun setelah peristiwa bersejarah yang dinamakan Kebangkitan Nasional dan hampir 63 tahun merdeka, hari ini kita masih berbicara tentang “mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia”.

Kalaupun kita telah banyak mewujudkan cita-cita kemerdekaan, berbicara tentang mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia selalu relevan. Bukankah Bung Karno selalu mengatakan bahwa bangsa yang ingin menjadi bangsa besar harus menggantungkan cita-citanya setinggi bintang-bintang di langit?

Apakah kita telah mewujudkan cita-cita kemerdekaan, tetapi karena harus menggantungkan cita-cita setinggi bintang-bintang di langit lantas menyelenggarakan sarasehan dengan tema mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia?

Menurut hemat saya sama sekali tidak. Kondisi negara bangsa kita sedang terpuruk dengan tingkat yang mendekati titik nadir. Saya akan membatasi diri pada bidang saya, yakni ekonomi. Namun izinkanlah saya pertama-tama melemparkan pertanyaan tentang apakah kita maju atau mundur dalam 8 bidang yang merupakan tonggak-tonggak terpenting dari kehidupan berbangsa dan bernegara kita, yaitu sebagai berikut :

1. Kemandirian
Apakah kita dalam bidang kemandirian mengurus diri sendiri, yaitu mandiri dan bebas merumuskan kebijakan-kebijakan terbaik buat bangsa sendiri mengalami kemajuan atau kemunduran? Apakah de facto yang membuat kebijakan dalam segala bidang bangsa kita sendiri atau bangsa lain beserta lembaga-lembaga internasional?

2. Peradaban dan kebudayaan
Dalam bidang peradaban dan kebudayaan, terutama dalam bidang tata nilai, mental dan moralitas, apakah setelah 62 tahun merdeka dari penjajahan lebih maju atau lebih mundur? Benarkah Bung Hatta yang sejak puluhan tahun yang lalu sudah mengatakan bahwa korupsi mulai menjadi kebudayaan kita. Benarkah kalau sekarang dikatakan bahwa KKN sudah “mendarah daging” dan merupakan gaya hidup bagian terbanyak elit bangsa kita?

3. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
Apakah setelah 62 tahun merdeka bangsa kita unggul dalam bidang penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi? Kemampuan kita menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diciptakan oleh bangsa-bangsa lain boleh dikatakan cukup up to date. Tetapi yang dimaksud apakah ilmu pengetahuan itu temuan kita sendiri, dan apakah teknologinya ciptaan oleh bangsa kita sendiri? Ataukah kita harus membeli dengan harga sangat mahal dari bangsa-bangsa lain?

4. Persatuan dan kesatuan
Apakah persatuan dan kesatuan bangsa kita lebih kokoh atau lebih rapuh? Referensi yang dapat kita gunakan adalah amandemen UUD 1945. Bentuk dan praktek otonomi daerah, baik dalam bidang pengelolaan administrasi negara maupun dalam bidang keuangannya. Aktifnya gerakan Papua Merdeka di dunia internasional. Konflik antar etnis dan antar agama yang cukup keras walaupun belum di banyak wilayah RI. Hilangnya Sipadan dan Ligitan. Digugatnya Ambalat. Dijadikannya kawasan bebas di Batam, Bintan dan Karimun.

5. Pertahanan dan keamanan
Apakah dalam bidang pertahanan dan keamanan, kondisi kita semakin kuat atau semakin lemah. Referensinya adalah persenjataan dan alat-alat perang yang kita miliki, dikaitkan dengan kemampuan membuatnya sendiri.

Apakah reformasi tidak terlampau meminggirkan kedudukan dan peran TNI sampai melampaui batas-batas yang membahayakan negara?

6. Tempat dan kedudukan bangsa kita dalam pergaulan internasional
Dalam pergaulan antar bangsa dan dalam kaitan keanggotaan kita dalam organisasi-organisasi internasional, apakah bangsa kita mempunyai tempat dan kedudukan yang lebih terhormat ataukah lebih terpuruk?

7. Kemakmuran yang berkeadilan
Tidak dapat disangkal bahwa pendapatan nasional per kapita meningkat sejak kemerdekaan sampai sekarang. Namun seperti diketahui, pendapatan nasional tidak mencerminkan pemerataan maupun keadilan dalam menikmati pendapatan nasional.

Referensi ialah bandingannya dengan negara-negara lain yang setara dalam tahapan pembangunannya. Jumlah angka pengangguran yang masih tinggi. Kemiskinan yang sudah menjurus pada busung lapar dan mati kelaparan. Piramida yang tajam sebagai gambaran perusahaan berskala besar dan usaha kecil menengah (UKM).

8. Keuangan negara
Keterbatasan dalam infrastruktur, pendidikan, pelayanan kesehatan, penyediaan public utility oleh pemerintah disebabkan karena keuangan negara yang boleh dikatakan sudah bangkrut, ataukah atas dasar prinsip (semacam ideologi) bahwa pemerintah haruslah sesedikit mungkin bekerja, dan sebanyak mungkin produksi dan distribusi barang dan jasa apa saja sebaiknya diserahkan kepada swasta, atau prinsip yang sedang disuarakan bahwa the best government is the least government?


Di sunting dari : http://klipingut.wordpress.com

Senin, 12 Mei 2008

Kita Emang Beda.......

Benarkah perempuan lebih memperlukan perhatian, sedangkan lelaki lebih memperlukan kepercayaan?
Benar. Dengan perhatian sekecil apapun, perempuan akan merasa istimewa dan dicintai. Sedangkan lelaki menganggap jika perempuan yang dicintainya mempercayainya sepenuh hati , itu berarti perempuan yang dicintainya meyakini bahwa ia telah melakukan yang terbaik bagi mereka berdua.

Benarkah perempuan lebih memperlukan pengertian, sedangkan lelaki lebih memperlukan penerimaan?
Benar. Lelaki selalu boleh mendengarkan tanpa menghakimi dan dapat meluahkan rasa simpatinya pada perempuan tercintanya. Sikap lelaki yang lebih mudah memahami ini bukan di dapati kerana mengetahui fikiran atau perasaan seorang perempuan. Hal ini karena lelaki selalu berusaha mengumpulkan makna-makna dari apa yang dia dengar dan dia lihat untuk membenarkan apa yang disampaikan oleh kekasihnya. Bila perempuan dengan penuh cinta menerima lelaki tanpa berusaha mengubahnya, barulah lelaki merasa bahagia.

Benarkah perempuan lebih memperlukan rasa hormat, sedangkan lelaki lebih memperlukan penghargaan?
Tentu saja benar. Perempuan merasa dihormati bila lelaki menanggapinya dengan mengakui dan mengutamakan hak-hak, harapan dan keperluan-keperluannya. Bila tingkah laku lelaki itu mempertimbangkan fikiran-fikiran dan perasaannya, perempuan tersebut pasti merasa dihormati. Sedangkan bagi lelaki, penghargaan merupakan reaksi alami terhadap perasaan yang didukunginya . Jika usahanya dihargai, lelaki akan tahu bahwa usahanya tidak sia-sia. Hal ini boleh mendorong lelaki untuk boleh berbuat lebih banyak. Lelaki yang merasa dihargai secara automatik akan lebih bersemangat dan terdorong untuk lebih menghormati pasangannya.

Benarkah perempuan lebih memperlukan kesetiaan, sedangkan lelaki lebih memperlukan rasa kagum?
Benar. Logiknya, jika perempuan merasa dirinyalah yang terpenting dalam kehidupan lelaki yang dicintainya maka dia dengan mudah akan memberikan rasa kekagumannya. Begitu pula sebaliknya bila lelaki merasa dikagumi, dia akan merasa cukup ikhlas untuk membaktikan diri bagi istrinya dan menyanjungnya.

Benarkah perempuan lebih memperlukan ketegasan, sedangkan lelaki lebih memperlukan persetujuan?
Benar sekali. Setiap pasangan yang akan memulai hubungan, biasanya setelah lelaki menerima persetujuan yang diperlukan, dia jadi lebih mudah untuk menghargai perasaan-perasaan si perempuan. Sedangkan perempuan akan lebih merasa dicintai dengan lebih jika lelaki yang dicintainya boleh menerimanya dengan bukti menegaskan keabsahan hubungan mereka.

Senin, 28 April 2008

Skripsi dan Pembimbing

Jika kamu sedang mengerjakan tugas akhir atau skripsi sebagai salah satu syarat kelulusan sarjana S1, mungkin mengalami jantung berdegup kencang, keringat dingin, gugup, dan rasanya ingin cepat-cepat keluar dari ruangan dosen pembimbing.

Hal tersebut dapat terjadi ketika kita berhadapan dengan dosen pembimbing yang killer minta ampun, susah ditelepon, jutek, suka sentimen, idealis dan perfeksionis.

Tapi apakah hal itu menjadi kendala atau penghalang kelulusan? masak sih gara-gara dosen pembimbing yang killer, kita jadi lama lulus bahkan hampir didropout?

Seorang mahasiswa pernah berbagi pengalaman yang bisa jadi tips berguna buat kamu untuk menghadapi dosen pembimbing.

Dianjurkan untuk tetap tersenyum dan menerima kritikan dari dosen pembimbing. Akui bahwa kamu adalah mahasiswa yang memang membutuhkan seorang pembimbing dalam menyelesaikan tugas akhir atau skripsi.

Kalo disalahkan, akui jika kamu memang memiliki kesalahan atau terangkan bahwa kamu tidak salah, jika kamu memang merasa tidak salah. Camkan dalam hati dan pikiran, Dosen juga manusia, yang bisa saja sedang stress atau frustrasi karena konflik rumahtangganya, manusia bisa marah, manusia bisa lupa, pokoknya semua tetek bengek yang ada hubungannya dengan manusia.

Pede aja! Ingatkan jika beliau lupa (kan dosen juga manusia…). Jangan coba-coba membantah pendapat atau pernyataan dari dosen pembimbing yang 'killer'. Jangan coba-coba memberi pendapat pribadi tanpa dibubuhi referensi ketika ditanya oleh dosen pembimbing 'killer'. Kalau gak tau ya ngaku aja deh…

Tunjukkan kepada beliau bahwa kamu akan mencari semua pertanyaan dari beliau melalui berbagai sumber dan jangan takut untuk meminta jawaban dari beliau langsung, serta latihlah diri untuk menjadi orang yang rendah hati. Terakhir…, berdo’a. Ya berdo’a… Kan mahasiswa juga manusia.

Jumat, 28 Maret 2008

Pekan Baroe........ I'm Coming....



Perjalanan itupun berlanjut...... pulang dari Ambon.....
dapat lagi kesempatan ke Pekan baru untuk yang kedua kalinya... (Kalo emang udah rezeki nggak bakal kemana!!!!. hehehe.............)

A
da acara Seminar dan Loka Karya nasional 2008 tentang Illegal Logging
yach... walaupun kali ini ada banyak pro kontra dari yang lain (ya iya lah... selalu daku yang kepilih dari univ. untuk berangkat) hehe...
tapi akhirnya daku berangkat juga......
yach.. walaupun nggak seseru yang kubayangkan.....
tapi lumayanlah, dapat teman sekamar yang baik banget dari jogja
(miss U Diyah UAD Jogja).........

ke pekan baru kali ini bertepatan dengan Ulang tahun "seseorang yang dekat dengan ku".... ya.... niat yang baik aja........... mat Ultah yach..... semoga selalu menjadi yang terbaik dalam hidup.....

kembali aku mendapatkan banyak pengalaman berharga di sini....
tidak hanya tentang Illegal Logging.. tapi juga tentang Hidup....
hidup yang hanya sesaat ini........

dan aku kembali ke jambi pas di malam aku ulang tahun ke 21, 17 maret 2008.
Happy B'day emy...... semoga tambah semakin semakin saja....

akankah setelah ini perjalananku akan berlanjut lagi?????
(maunya..............^_^)

Ambon Manise sekaleee dalam Kenangankoe...


hm.... ini cerita udah lama banget.....
nggak lama juga seh..... pertengahan Februari 2008 lalu,
tapi diriku baru sempat buat nulis sekarang...
dapat kesempatan buat melancong ke Ambon manise???
siapa yang nggak mau.....hehehee...


yup... ada kegiatan Konas Masindo katanya sih konsolidasi Nasional Mahasiswa Sel
uruh Indonesia..... tapi nggak tau deh apakah cukup mewakili dari suara mahasiswa Sebangsa Setanah air dan sejagat Raya Indonesia atau hanya sekedar cari gebrakan baru yang tak jua jelas. lagi-lagi Nasionalisme itu dipertanyakan???( ^ _ ^ ).....

ya... walau dari jambi cuma daku sendiri (tau neh PTS/N yang lain kok pada nggak mau ngirim delegasi)... gila......... udah cewek, sendirian,
pesawat malam dan..... transitnya bo' sampe 4 kali
transit dari jambi-ambon..... untung nyampe makasar ketemu temen2 yang mau ikut konas masindo juga... lumayan nggak sendirian...
(wow!!!!! perjalanan yang melelahkan.....)

acaranya cukup seru..... rame sampe lebih dari 500 peserta seluruh tanah air.....
tak pelak konsolodasi mahasiswa itupun ada yang berubah arah menjadi konsolidasi hati alias cinta lokasi... duh..... kitapun........ (Kita!!!! lo Aja kalee Gw nggak........)
daku tetap juga dengan kesetiaan itu.......
Kesetiaan??? kesetiaan yang mana my??????
entahlah....... kesetiaan yang tak kunjung kumengerti (puitis banget.....)

acara yang berakhir ricuh itupun menuai kenangan yang terindah dalam catatan perjalanan sejarah hidupku.... yang bisa saja suatu nanti akan kubagikan kepada anak cucuku...hehehhe
selamat tinggal Ambon Manise......... mudah2an kita bisa ketemu lagi yach.....

MISS U semua teman2 yang ku kenal di Ambon Manise.. You are The Best........

Abis ini kemana lagi yach......?????????