Sabtu, 13 Desember 2008

manfaat air putih

Air mempunyai banyak fungsi dalam tubuh. 90 persen tubuh manusia terdiri dari air dan zat satu itu berguna untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh khususnya darah. Karena itulah banyak ahli kesehatan yang menganjurkan kita untuk minum air putih minimal 2 liter sehari.

Sebenarnya apa saja fungsi air putih itu? Coba simak ulasan berikut.

manfaat air putih1. Air putih digunakan tubuh untuk mengganti air yang telah dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk air seni, sekresi dan juga keringat. Banyak yang beranggapan bahwa air yang dikeluarkan tubuh hanya banyak kalau kita beraktivitas tinggi seperti olahraga. Padahal kenyataannya, walaupun tidak beraktifitas, tubuh juga membutuhkan cairan yang banyak. Karena itu, janganlah minum hanya saat haus. Hal ini bisa berakibat tubuh kekurangan cairan.

2. Tidak hanya itu, air putih juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit dan juga membantu menurunkan berat badan. Karena itu disarankan untuk yang sedang berdiet untuk banyak-banyak minum air putih karena air membantu proses pembakaran lemak dengan mengubah makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi energi. Air juga membantu mendorong metabolisme dalam tubuh kita.

3. Sekarang apa akibatnya jika kita kekurangan cairan karena kurang manfaat air putihminum air putih? Tubuh kita akan sulit untuk menyeimbangkan kadar air, sehingga tubuh akan menyerap air yang terdapat pada darah. Darah yang diambil kadar airnya pun otomatis menjadi mengental dan peredarannya menjadi tidak lancar. Yang paling berat kerjanya adalah organ ginjal, karena ginjal berfungsi menyaring racun dari darah yang mengental karena kekurangan air, kerja ginjal menjadi dua kali lipat dari biasanya dan bisa berakibat kerusakan pada organ penting tersebut.

Karena itu mulai sekarang, bagi yang suka minum-minuman berwarna seperti teh, kopi apalagi soft drink, kurangilah dan perbanyaklah minum air putih minimal 2 liter sehari. Untuk kamu yang seorang perokok, disarankan untuk minum lebih banyak untuk menetralisir racun-racun yang terdapat pada rokok.

Tidak ada komentar: