Selasa, 05 Mei 2009

Pulau Berhala............


JAMBI- Status kepemilikan Pulau Berhala yang tak kunjung kepastian, antara Pemprov Jambi dan Kepri, seharusnya membuat kita tergugah. Tapi, terlepas dari sengketa itu, pulau yang berada di Kecamatan Sadu, Tanjab Timur, ini memang perlu diberdayakan.

Mengunjunginya adalah salah satu upaya yang bisa kita lakukan sebagai masyarakat awam. Pulau ini sendiri merupakan pulau kecil yang terletak di Selat Berhala. Selain itu ada tiga pulau kecil dengan luas sekitar 0,25 hektar sampai 0,5 hektar mengelilinginya.

Jambi yang terbilang langka dengan wisata bahari harus bersyukur jika kelak pulau ini ditetapkan sebagai miliknya. Pulau ini cukup potensial, terutama untuk wisata bahari seperti memancing, menyelam (diving), dan berlayar.

Tak hanya itu, bertandang ke pulau ini juga bisa sekaligus berkemah. Rumah warga sekitar bisa dijadikan sebagai tempat penginapan atau berbekal wisata Anda bakal lebih seru.

Pulau Berhala memiliki air laut yang biru dan jernih. Berpantai landai, sebagian besar merupakan hamparan pasir putih dan sebagian lagi berbatu. Batu-batu yang berjejer gagah, berwarna kecokelatan, membuat kesan tersendiri. Barisan pohon kelapa di tepian pantai membuat suasana lebih hidup.

Untuk menuju ke pulau ini bisa dengan kapal feri cepat atau speed-boat dari Kualatungkal, Tanjab Barat. Lamanya mencapai dua jam. Jalan lain bisa dari Muarasabak, Tanjab Timur, dengan waktu tempuh sekitar satu setengah jam. Dari Nipah Panjang bisa memakan waktu 45 menit.

Keindahan pulau ini bisa dijadikan sebagai salah satu liburan yang menarik. Anda bisa mengajak teman dan keluarga dekat untuk menikmati indahnya pulau ini. Penduduknya yang ramah siap menyambut kedatangan para pengunjung. Fasilitas pemondokan dan sarana lain tersedia di sini. Jadi jangan tunggu lagi untuk kembali berlabuh di Pulau Berhala yang indah nan eksotis ini. (usr)

Tidak ada komentar: